Praktisi Internet Marketing, Bisnis Online, SEO dan UKM. Serius Tapi Santai.

Latest News
praktisi-internet-marketing
~ Assalamualaikum, Semoga Keberkahan senantiasa tercurah kepada kita semua !!! ~

Pelatihan Training For Trainer / Mentor di BismaCenter

Pelatihan Training For Trainer / Mentor di BismaCenter
Syukur Alhamdulillah, akhirnya saya bisa masuk kualifikasi untuk dapat belajar #OptimasiMentor. Setelah beberapa syarat sudah saya penuhi akhirnya saya dipanggil juga untuk mengikuti pelatihan-nya.

Pelatihan ini bagi saya sangat penting. Karena nampaknya ada jiwa "Mengajar" dalam jiwa saya selain jiwa "Pembelajar". Jiwa "Mengajar" ini adalah turunan dari Ibu dan Bapak Saya karena beliau berdua berprofesi sebagai Guru.
Semoga Beliau Berdua Sehat Selalu Selamanya. Aamiin YRA.
Tentunya cara / gaya mengajar dari orang tua saya tidak begitu saja dapat diterapkan dalam sebuah acara di zaman sekarang. Dukungan Teknologi Modern dan teori-teori presentasi di zaman sekarang ini, menuntut para Mentor untuk selalu Update. Dan alhamdulillah saya mendapat kesempatan yang baik ini.

Di Kelas "Traning For Trainer" ini, kami diajarkan banyak hal. Namun bekal pertama yang merupakan syarat utama adalah "Penguasaan Ilmu Apa" yang sudah atau sedang digeluti sekarang ini. Nah kebetulan sekali selama ini saya bergelut di dunia Optimasi Mesin Pencari "Search Engine" dan Dunia Web Design. Kedua ilmu ini saling mempengaruhi satu dengan yang lainnya. Dan Pengetahuan di dua hal inilah yang menjadi Ticket Masuk saya di Kelas ini.

Pelatihan Training For Trainer / Mentor di BismaCenter
Inilah Trainer di pelatihan tersebut, info lengkap tentang beliau bisa dilihat di http://www.harrywahyudi.com.

Pokoknya training ini seru banget deh, kami diajarkan banyak sekali bagaimana cara melakukan sesi Ice Breaking. Sesi ini seru banget, kami diajarkan game-game menarik buat para peserta / audience dengan tujuan untuk membuat suasana menjadi segar, sebelum presentasi dimulai. Ice Breaking ini penting banget agar fokus para peserta dapat menjadi satu frekwensi.

Di sesi selanjutnya, kami diajarkan bagaimana Cara Menghilangkan Kejenuhan Saat Presentasi. Beberapa hal yang penting untuk mengatasi hal tersebut adalah
Trainer harus berpenampilan rapi, kemudian dituntut untuk dapat mengajar dengan interaktif dan menarik, dan Trainer harus kaya akan Informasi (Paling tidak terhadap materi yang di presentasikan).

Menjadi trainer itu bukan pekerjaan mudah. Trainer yang Baik dibentuk dari karakter keseharian, ketika trainer sedang tampil, itu bukan sedang Acting / Sandiwara. Karakter Baik yang sedang dipertontonkan / perlihatkan itu adalah lebih ke arah hasil dari karakter kesehariannya dalam kehidupan dia.

Jadi, Prilaku (Attitude) dan Kebiasaan (Habit) yang baik memang harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Semoga saja dalam pelaksanaannya Attitude dan Habit yang baik ini bukan hanya untuk membentuk jadi Trainer saja, namun sudah merupakan hal yang memang menjadi Fitrahnya dia (kita) sebagai manusia, makhluk Tuhan.

Banyak sekali yang dipelajari di pelatihan ini, dan saya tidak mungkin menceritakan dalam satu tulisan ini saja. hehehe..

Di pertemuan ini juga dibahas mengenai Perbedaan dari Trainer, Motivator, Coach dan Publik Speaker. Juga dipelajari bagaimana agar kita saat tampil didepan itu di Perhatikan dan Di Dengarkan. Agar diperhatikan oleh audience maka beberapa faktor harus diperhatikan, yaitu Faktor Visual, Auditory, Kinestetic dan Satu hal yang tak kalah penting yaitu "Menjadi Diri Sendiri".

Pengajar juga dituntut untuk memiliki Kharisma yang Penuh dan Energy Yang Penuh. Insya Allah ditulisan yang lain dibahas makna kedua hal ini.

Yang pasti banyak sekali materinya.

Bagaimana cara menyampaikan materi yang baik? Raih perhatian Audience, Berikan Informasi dengan menyenangkan, Berikan Contoh dan Berikan Test / Ujian.

Kadang kita sering menemukan sebuah presentasi yang gagal (menurut kita), namun yang sebenarnya terjadi adalah

"Tidak Ada Penolakan, Hanya Ada Komunikasi Yang Tidak Tersampaikan"

Jika ini terjadi maka yang bermasalah adalah Trainernya. Hehehe..

Hal-hal lain juga dipelajari seperti bagaimana "Teknik Menyusun Sebuah Training" , "Teknik Menyampaikan materi", "Latihan Komunikasi dengan Ekspresi" dan lain-lain...

Semoga saya bisa menulis hal-hal tersebut perbagian per artikel.

Demikian Pembaca, terimakasih atas perhatiannya. Semoga bermanfaat.

wassalam

0 Response to "Pelatihan Training For Trainer / Mentor di BismaCenter"

Silahkan Berkomentar dengan Santun, Terimakasih.

Hotline : 0812-1342-3142
WhatsApp: 0812 1342 3142
/* Hot Line*/