Praktisi Internet Marketing, Bisnis Online, SEO dan UKM. Serius Tapi Santai.

Latest News
praktisi-internet-marketing
~ Assalamualaikum, Semoga Keberkahan senantiasa tercurah kepada kita semua !!! ~

Mengenang Dalang Asep Sunandar Sunarya Giri Harja 3, Wafat 31 Maret 2014

Mengenang Dalang Asep Sunandar Sunarya Giri Harja 3
Diberitakan Telah Wafat Abah Asep Sunandar Sunarya, dalang terkenal bukan hanya di Jawa Barat, bahkan sampai Mancanegara. Saat hari itu tiba, kebetulan saya sedang ada di Bandung, tepatnya di tempat kelahiran saya di Majalaya. Pas kebetulan kami dalam perjalanan pulang ke Jakarta, dan perjalanan ke Jakarta melalui daerah Jelekong tempat kediaman Almarhum selama ini. Jalanan menuju Jelekong pun seketika Macet, puluhan Polisi nampak sedang melakukan pengaturan Lalu lintas di daerah Jelekong. Status BlackBerry dan FaceBook teman-teman pun berganti dengan "Turut Berduka Cita". Media Online pun menjadikan Berita Duka ini menjadi berita Utama. Begitupun di Televisi dan Radio. Yang pasti ini menjadi Duka bagi Indonesia khususnya bagi masyarakat Jawa Barat.

Bagi saya Abah Asep Sunandar Sunarya adalah sosok yang luar biasa. Bukan hanya di dunia Seni beliau berkiprah, namun juga di dunia Dakwah. Wayang Golek adalah sebuah seni yang memadukan semua unsur seni. Di sini dipadukan semua unsur seni mulai dari Seni Rupa, Seni Tari, Seni Musik (Tradisional dan Modern) dan Seni Peran. Dan kalau saya boleh tambahkan lagi adalah Seni Suara. Dalang Asep Sunandar Sunarya dapat menciptakan suara-suara peran dalam dunia Wayang. Dan semua suara yang dikeluarkannya benar-benar unik tidak ada kemiripan satu sama lain.

Beliau sangat mahir memainkan wayang sampai ke gerakan tari yang sangat sulit di tiru oleh manusia sekalipun. Paduan gerakan seni tari dan dikolaborasikan dengan seni musik membuat sajian tontonan yang sangat kaya dengan nilai seni.

Kemahiran beliau pun sangat luas, beliau mampu memerankan suara baik yang suara berat sampai suara lainnya. Beliau mampu membuat atau menyajikan cerita baik itu berupa guyonan-guyonan yang khas sampai ke cerita yang wayangnya.

Kalau saya secara pribadi justru kurang menyukai cerita Wayangnya, karena menggunakan bahasa Sunda yang sangat tinggi levelnya. Saya justru suka dengan guyonan-guyonannya. Dan satu hal lagi, beliau seringkali menyisipkan nilai-nilai moral dari cerita yang disampaikannya. Baik itu penyampaian Dakwah ataupun penyampaian nilai-nilai kenegaraan / Nasionalisme.

Terakhir, semoga apa yang dilakukan selama ini oleh Abah Asep Sunandar Sunarya, menjadi amal ibadah yang tak terhingga pahalanya di Sisi Allah SWT. Dan kebaikan-kebaikan yang disampaikan dalam cerita wayang tersebut semoga menjadi amal jariyah bagi Abah Asep.

Selamat Jalan Abah Asep Sunandar Sunarya, kami do'akan semoga engkau mendapatkan tempat yang terbaik di sisi Allah SWT. Allahumaghfirlahu Warhamhu.. Wa afihi Wa'fuanhu.

Wassalam.

Baca Juga:



  • Grand Launching Program Tabungan Persalinan dan Web Komunitas Ibu Hamil dan Balita Rs Zahirah
  • Emosi Sesaat - Penyakit Manusia Dari Nabi hingga Da'i Modern
  • 0 Response to "Mengenang Dalang Asep Sunandar Sunarya Giri Harja 3, Wafat 31 Maret 2014"

    Silahkan Berkomentar dengan Santun, Terimakasih.

    Hotline : 0812-1342-3142
    WhatsApp: 0812 1342 3142
    /* Hot Line*/