Praktisi Internet Marketing, Bisnis Online, SEO dan UKM. Serius Tapi Santai.

Latest News
praktisi-internet-marketing
~ Assalamualaikum, Semoga Keberkahan senantiasa tercurah kepada kita semua !!! ~

Kelas Pesantren Bisnis Online Ramadhan BDR Gelombang 2

Pesantren Bisnis Online
Gelombang 2 program Pesantren Bisnis Online di Bulan Ramadhan sudah dimulai sejak hari senin yang lalu, tanggal 07 Juli 2014. Kelas ini lebih kritis lagi dari kelas sebelumnya. Seperti biasanya untuk mengawali pembuatan website, saya selalu menyampaikan kepada peserta agar dilakukan terlebih dahulu analisa Riset Iternet. Lebih-lebih website yang digunakan adalah web untuk jualan / bisnis. Analisa Riset Internet ini memakan waktu satu kali pertemuan. Maklum, kelas dimulai ba'da Ashar dan selesai setelah Maghrib, jadi waktunya memang kurang lebih 2 jam efektifnya.

Komunitas BDR Ngabuburit
Di sessi terakhir pada pertemuan pertama, saya seperti biasa memberikan Pekerjaan Rumah kepada para peserta, untuk melakukan analisa riset internet terhadap produk / bisnis nya masing-masing. Keesokan harinya, kami berkumpul kembali dan dari semuanya itu, hanya sedikit saja yang mengerjakan PR nya... hehehe.. gak apa-apa juga siih. Dan karena di hari ke dua ini ada peserta baru, maka saya mengulas sedikit lagi tentang materi Riset Internet secara singkat, agar para peserta baru tidak terlalu blank untuk mengikuti materi selanjutnya.


Pelatihan Blogspot Basic
Baru tersadar kalau besok harinya adalah tanggal 9 July, hari pencoblosan pemilu. Pada hari tersebut, kantor di gedung Twink ini tutup. Dan setelah didiskusikan ternyata teman-teman peserta juga keberatan jika ada hari pengganti di hari lainnya. Jadi akhirnya disepakati, untuk pengganti hari ke-tiga akan di teruskan pada hari itu juga sampai malam, sampai jam 21. Ok deh, ini juga saya senang sih, biar besoknya bisa istirahat dan artinya tugas saya sudah selesai, karena saya mendapat jatah untuk mengajar selama 3 sessi berturut-turut. Kebetulan sessi yang ke- 4 adalah sessi Optimasi Youtube dan sessi ke-5 adalah kelas Twitter Marketing. Sesi 4 dan 5 ini di bawakan oleh pemateri yang lain. Akhirnya, setelah buka puasa, langsung Shalat Maghrib bersama dilanjutkan dengan makan malam bersama, setelah itu lanjut ke materi sessi 3, yaitu ke pembuatan Web site dengan menggunakan Blogspot.

Beberapa peserta mempertanyakan, kenapa sih harus menggunakan Blogspot? Sebenarnya, kalau membuat website itu banyak cara yang bisa dilakukan. Bisa dengan Blogspot, Wordpress, Jomla dan lain-lain. Kita mengajarkan menggunakan blogspot karena beberapa hal. Salah satunya yaitu, meminimisasi biaya pembuatan website. Seperti kita ketahui, kalau kita menggunakan blogspot, maka kita tidak dikenakan biaya domain dan hosting, semuanya free di sediakan oleh blogger. Ini penting, karena kebanyakan para UKM belum menyadari bahwa membuat website itu ternyata murah dan mudah. Dan untuk mendapatkan murah dan mudah ini, kami ajarkan dengan menggunakan blogspot.

Awalnya para peserta agak kaku dan bingung, karena sebagian besar dari mereka adalah masih baru dengan blogspot, tapi alhamdulillah saya ajarkan para peserta step by step dan ritme yang disesuaikan dengan kecepatan peserta. Dan alhamdulillah dengan cara ini, para peserta dapat mengikuti materi sampai akhir, dan dapat membuat artikel baik yang artikel panjang ataupun artikel pendek dengan baik.

Sampai akhir sessi, saya bersyukur para peserta masih semangat, dan nampaknya beberapa dari mereka tidak mau beranjak pulang karena masih semangat untuk menuntaskan pembuatan websitenya, padahal waktu sudah menunjukkan pukul 21 lebih. Insya Allah, teman-teman kita bisa bertemu lagi di sesi khusus lanjutan dalam pembuatan website ini. Tentukan saja waktu dan tempatnya dimana. Demikian semoga bermanfaat.

Baca Juga:








0 Response to "Kelas Pesantren Bisnis Online Ramadhan BDR Gelombang 2"

Silahkan Berkomentar dengan Santun, Terimakasih.

Hotline : 0812-1342-3142
WhatsApp: 0812 1342 3142
/* Hot Line*/