Praktisi Internet Marketing, Bisnis Online, SEO dan UKM. Serius Tapi Santai.

Latest News
praktisi-internet-marketing
~ Assalamualaikum, Semoga Keberkahan senantiasa tercurah kepada kita semua !!! ~

Yang Sering Ditanyakan Tentang Google Plus / G+

Di Komunitas MelekInternet.com sampai sekarang sudah ada sekitar 10 Group / Kelas Google Plus. Mulai dari kelas basic sampai dengan kelas Advanced. Tiap group di isi sekitar 30 peserta. Mereka semua aktif dalam arti rajin mengerjakan PR dan rajin pula berbagi ilmu diantara peserta. Kami selaku admin dari group yaitu +Aceng Luqman Taufiq+Isah Kambali dan +Yuditha Anggraeni selain mengajarkan materi tentang Google Plus, juga berbagi mengenai hal lain seperti tools pendukung G+ dan Tools lain yang sangat bermanfaat buat peserta seperti Online Image Editor, Sound Editor sampai Video Editor. Kesemua materi tersebut kami sampaikan kepada peserta dalam beberapa tahapan. Tahapan - tahapan tersebut kami buat sebagai Kelas Basic, Kelas Intermediate dan Kelas Advanced. Mulai kelas Basic sampai kelas Advanced ini bisa memakan waktu sampai 3 bulan.

Ada satu hal yang sering ditanyakan oleh para peserta, ini terkait dengan Content GPlus yang mereka  post hubungan-nya dengan Google Search Engine. Berikut contoh pertanyaan-nya.

"Pak Bro, Mau tanya.. Ketika Kita Update Status di G+ ketika blm logout artikel kita ada di hal 1. Nah setlh logout gak ada lagi status kita bahkan cek di komp lain juga gak ada.. Solusinya gimana ya?"

Ada lagi pertanyaan senada ...

"Mba Isah mas Aceng Mau tanya.. Hari ini saya nyetatus di G+ pas pagi... lalu siang, saya cek.. ada di halaman pertama Google. Ada Keyword yang masuk no 3 dan no 4.. paling gak nomor 9 di google page one. Karena senengnya, akun pegawai2 saya saya minta nyetatus ttg dagangan.. Masuk page one google semua untuk keyword-keyword itu :D. Sorenya saya ngajar teenpreneur club dan gak sabar saya promo-in kalau ada cara marketing baru yang Joss. Murid-murid saya buka dengan IP nya masing-masing dan ternyata saya ga ada di page one google. Walau kl saya buka dari browser saya, saya masih di page one google.. Ini gimana Mas?"


Pertanyaan-pertanyaan yang senada ini muncul hampir pada tiap sesi pembukaan kelas basic. Dan Isi Pertanyaan nya pun selalu membenturkan Google Plus dengan Google Search Engine. Apa memang ada korelasinya?

Ya, ada korelasinya yaitu sama-sama punya Google, hehehe.

Berikut adalah keunikan Google Plus dibanding dengan sosial media lainnya.

Pertama, ketika kita posting di G+ maka postingan kita langsung terindex di google search database. Namun beberapa catatan yang bisa saya sampaikan dari apa yang saya cermati adalah bahwa google search memperlakukan berbeda terhadap content yang terindex tersebut dalam hal pencariannya. Sebagai contoh, ketika kita baru saja posting content di GPlus, maka seketika content tersebut dengan penulisan keyword yang sesuai akan dimunculkan di halaman pertama (dan urutan pertama). Dengan catatan bahwa saat kita mengetik keyword tersebut dalam keadaan sedang login (gmail-nya).

Tapi ketika session kita lagi logout, maka content tersebut tidak akan tampil di halaman satu.

Kalau begitu, tidak ada keunggulannya dong, masa orang mau pakai search engine harus login gmail dulu? Mana bisa itu?

Pertanyaan wajar dan sangat masuk akal. Entahlah, barangkali kemudahan menjadi Nomor Satu saat Session Login ini adalah bentuk apresiasi dari Google Search untuk user karena sudah menggunakan Google Plus. Tapi sekali lagi ini bukan berarti Google Plus tidak berguna sama sekali dalam persaingannya dalam search engine.

Apa keunggulan Google Plus dalam Search Engine saat Session Login? 

Silahkan coba, saat Anda melakukan pencarian di Google Search dan Anda dalam status Session login, Anda pasti akan menemukan beberapa content dari Google Plus dan pastinya bukan hanya dari Account Anda sendiri, betul kan?

Ini sebenarnya adalah peluang bagus, kenapa? 

Saat ini begitu banyak orang menggunakan google mail baik untuk email personal, maupun sebagai email bisnis dan banyak juga lho yang menggunakan email google ini sebagai email hostingnya. Saat ini banyak sekali perusahaan-perusahaan yang menggunakan google mail sebagai email hostingnya. Dengan alasan bahwa email hosting di google lebih aman (terlepas dari alasan ke-rahasiaan dokumen- ya).

Nah dengan kondisi ini, tentunya jumlah pengguna google mail itu banyak sekali. Dan email - email perusahaan itu harus selalu stand by / login setiap saat agar selalu ter-notifikasi saat ada email masuk.

Nah, ini kan berarti me-nuntut si user untuk selalu login di Gmail-nya. Kondisi inilah yang bisa kita tentukan sebagai keunggulan Google Plus, yaitu menyasar pasar "Orang Kantoran" dan user-user lainnya (pengguna setia Gmail).

Tentunya mereka akan (biasanya) menggunakan Google Search Engine dalam mencari info, dan mereka dalam kondisi session login, dan disinilah peluang Content Kita di Google Plus untuk muncul di halaman pertama (sesuai dengan keyword yang dicari).

Selain menargetkan "Orang Kantoran", kita juga bisa menargetkan User Gplus itu sendiri. Sampai saat ini trend bertambahnya user Google Plus semakin bertambah dan bertambah setiap harinya.

Kedua, keunggulan Google Plus adalah sebagai Sumber Backlink ber-kwalitas. Seperti yang kita tahu bahwa sebuah website akan sangat di sayang oleh Google Search jika kita memprioritaskan 2 hal ini, yaitu "Kedisiplinan Delivery Content" dan "Penyebaran URL Web kita / BackLink".

Untuk mendapatkan Backlink yang berkwalitas tidaklah gampang, selain kita harus mencari website yang satu "Niche" dengan website kita, maka kita juga harus menemukan website dengan rangking yang tinggi (idealnya). Untuk membahas Backlink ini ada ilmunya tersendiri dari basic sampai Advance.

Namun, anda tidak usah pusing, gunakanlah Google Plus sebagai Sumber Backlink website Anda. Tuliskan Alamat URL website anda saat menuliskan Postingan di Google Plus. Maka langsung seketika URL tersebut menjadi Backlink yang berkualitas di mata Google.

Sebagai Contoh, jika Anda memiliki Follower 1000 (seribu), maka ketika Anda me-posting artikel di Google dan menyertakan Url Web Anda, maka seketika anda akan mendapatkan 1000 (seribu) sebaran Backlink secara Otomatis dan tanpa Approvement.

Namun perlu difahami, bahwa dari 1000 (seribu) sebaran backlink tersebut, jumlah yang diakui sebagai backlink itu tergantung dari algoritma / keputusan google.

Jadi, teman-teman yang sudah memiliki Account Google Plus, jangan putus asa, Naikkan Rangking WebSite Teman-teman dengan Menanam Backlink di Google Plus sekalian juga menyebarkan informasi langsung ke User Google Plus dan dengan harapan akan mudah di cari oleh pengguna Gmail (yg sedang login).

Lalu apakah akan seperti ini seterusnya? Bahwa content kita hanya akan ditemukan saat login saja?

Tentu Tidak, Content Gplus kita akan di "Pertarungkan" dengan content-content lainnya (dari website lain) dengan cara yang Alamiah (Organic). Tinggal tunggu saatnya saja, kapan content Google Plus akan muncul di Search Engine tanpa Login.

Demikian, semoga bermanfaat.


Baca Juga:










0 Response to "Yang Sering Ditanyakan Tentang Google Plus / G+"

Silahkan Berkomentar dengan Santun, Terimakasih.

Hotline : 0812-1342-3142
WhatsApp: 0812 1342 3142
/* Hot Line*/