Praktisi Internet Marketing, Bisnis Online, SEO dan UKM. Serius Tapi Santai.

Latest News
praktisi-internet-marketing
~ Assalamualaikum, Semoga Keberkahan senantiasa tercurah kepada kita semua !!! ~

Daftar Keyword Hasil Riset, Seharusnya Digunakan Untuk Apa?

Pantang Posting Sebelum Riset. Itulah kalimat yang selalu diulang-ulang oleh guru saya sewaktu belajar Internet Marketing empat tahun yang lalu. Setelah itu, Sang Guru menjelaskan kembali tujuan dari Kalimat ini adalah "Jangan Sampai Kita Membuat Mall di tengah Hutan". Itulah dua kalimat yang sampai sekarang masih melekat erat di ingatan saya.

Belajar dan implementasi Internet Marketing adalah sebuah proses yang panjang dan melelahkan, diperlukan ketelitian, keuletan dan kesabaran yang tinggi. Dan ini membutuhkan proses yang membutuhkan kesabaran yang harus selalu di upgrade.

Ilmu Internet Marketing tidak akan lepas dari apa yang disebut dengan "Search Engine". Goal dari Implementasi Internet Marketing adalah Bagaimana Produk / Jasa Kita mudah ditemukan di Search Engine. Hal yang sangat penting sebelum kita implementasi lebih jauh lagi adalah bagaimana kita mengetahui seberapa banyak Permintaan / Request terhadap jasa / produk yang kita miliki dan seberapa banyak pula Kompetitor yang ada pada bisnis yang bersamaan.

Nah, untuk mengetahui data / info Request dan persaingannya dari suatu jasa / produk, saat ini kita patut bersyukur karena hal ini sudah dipermudah oleh google untuk mendapatkannya. KEYWORD PLANNER adalah sebuah fasilitas yang ada di adwords.google.com, tujuannya adalah untuk menghasilkan informasi mengenai Kata Kunci - Kata Kunci apa saja yang selalu di pakai oleh User (Calon Client) juga tentunya menghasilkan informasi mengenai berapa jumlah Kompetitor terkait dengan Kata Kunci (keywords) tersebut.

Dalam sebuah Pelatihan Internet Marketing, ini merupakan materi Wajib bagi peserta. Karena ya itu tadi tujuannya agar jangan sampai kita membuat Mall di tengah-tengah hutan belantara.

Output dari Keyword Planner ini adalah Daftar / List Keyword yang bersesuaian / related dengan Jasa / Produk kita. Daftar keyword hasil riset ini jumlahnya bisa sampai ratusan atau bahkan ribuan. Dari Ratusan List Keywords tersebut, kita pilih-pilih lagi mana keywords yang akan dijadikan sebagai Keyword Jagoan kita. Mungkin dari seratus Keyword ini yang tersaring hanya 40 keywords saja.

Nah, sesuai dengan judul Artikel di atas. Si Keywords Jagoan ini mau kita apakan?

Saya menemukan paling tidak ada 3 pendekatan dari para praktisi Internet Marketing terhadap hasil Riset ini. 

1. Menjadikan Hasil Riset Keyword sebagai Nama Domain.

Keywords yang terdapat dalam Nama Domain akan menjadi daya tarik tersendiri bagi Search Engine dalam melakukan Index dan penentuan posisinya. Alasan inilah yang menyebabkan para Pelaku Bisnis Online menjadikan Nama Domain sebagai sasaran penempatan Keyword. 

2. Menjadikan Hasil Riset Keyword sebagai Judul Artikel.

Nah, Judul Artikel juga adalah tempat yang cukup seksi pada implementasi SEO secara OnPage. Jadi, mereka juga berlomba-lomba untuk membuat Artikel dengan menghadirkan Keyword Hasil Risetnya sebagai bagian dari judul artikelnya.

3. Menjadikan Hasil Riset Keyword sebagai Tag / Label.

Naaaah, cara ini adalah cara pintas bagi penggiat bisnis online. Karena ini sangatlah mudah, tinggal menuliskan hasil risetnya saja dalam kolom Tag / Label. Dengan harapan semua keyword itu akan di crawling dan di index oleh search engine.

Yu, kita sedikit bahas Plus Minusnya.

Frens, pada saat  kita membuat / memiliki Website, itu bisa kita ibaratkan bahwa kita baru saja memiliki seorang bayi yang baru lahir dan lucu. Lalu kita undang tetangga dan kerabat untuk melakukan syukuran / selamatan untuk bayi ini, sekaligus memperkenalkan bayi ini ke keluarga dan masyarakat. Lalu tugas wajib berikutnya adalah memberi makan, memandikan, mendidiknya agar nanti dia cepat besar dan sesuai dengan cita - cita dari orang tuanya.

Begitu juga dengan Website. Saat dia terlahir, tugas kita adalah memberi dia Content / Artikel. Mempublikasikan ke luar (BackLink) agar terkenal. Dan selalu merawatnya dengan memperhatikan pola-pola tampilan, memperhatikan tingkat responsivenya (maintenance) dan lain-lain. Kalau Seorang bayi kita kasih makan 3 kali sehari, maka sebuah website kita harus rencanakan untuk input content secara periodik. Sehari sekali? Seminggu sekali? Monggo silahkan.

Artinya saya ingin menyampaikan bahwa untuk Mengurus sebuah Website saja, List To Do nya banyak sekali dan pastinya menguras Tenaga dan Fikiran. 

Nah, sekarang coba anda bayangkan. Ketika 40 Keyword Unggulan (di jadikan Blog Dummy), kita buat menjadi 40 domain (sub domain) yang me-refer ke dalam satu bisnis yang sama. Lalu komitmen kita tentunya harus membesarkan ke 40 website tersebut secara bersamaan. Apakah Anda Sanggup? Ya,.. kalau anda memiliki tim / crew yang banyak tentunya barangkali tidak jadi masalah. Tapi ketika anda adalah seorang penggiat bisnis Online yang mandiri (seperti saya) - segalanya dilakukan sendiri, saya yakin anda tidak akan sanggup melakukan maintenance 40 web tersebut. Ini issue yang pertama.

Problem yang kedua. Biasanya teman - teman Pebisnis Online membuat Blog Dummy menggunakan blogger / blogspot. Ini mudah sih, tapi hendaknya jadi perhatian serius, karena saat ini google sedang menaruh perhatian penuh terhadap blog dummy - blog dummy tersebut. Google sepertinya sudah me-deteksi blog-blog tersebut merupakan akal-akalan dari user untuk menguasai halaman pertama. 

Hari ini, saya mendapatkan informasi dari teman, kalau blog dummynya kena block dari google.

Nah, temans, hati-hati dalam menggunakan fasilitas google. Lakukan semuanya dengan alami. Jangan akal-akalan. 

Cara ini mungkin sepertinya bagus, tapi itu di awal saja (naik di halaman satu). Tetapi  ketika ketahuan makan google akan menghukum tanpa ampun.

Solusi Terbaik menurut saya (comments are welcome) adalah dari ke 40 keyword unggulan itu, jadikan satu keyword sebagai keyword utama yang akan dijadikan sebagai nama domain. Lalu 39 keyword lainnya, jadikan itu sebagai Artikel (atau bagian dari artikel).

Dengan melakukan cara ini, maka teman-teman sudah melakukan treatment yang baik terhadap website. Karena teman-teman sudah memiliki calon Judul Artikel yang akan di publish sesuai dengan jadwal yang diinginkan. Dan google akan menilai website anda sebagai website dinamis / hidup. 

Demikian Sharing dari saya, comments are welcome.

Wassalam.

0 Response to "Daftar Keyword Hasil Riset, Seharusnya Digunakan Untuk Apa? "

Silahkan Berkomentar dengan Santun, Terimakasih.

Hotline : 0812-1342-3142
WhatsApp: 0812 1342 3142
/* Hot Line*/